Untuk membuat keluarga sangatlah mudah untuk kebanyakan orang. Tetapi untuk mendapatkan tujuan dari keluarga sendiri sangatlah sulit. Keluarga ideal merupakan sebutan dari salah satu tujuan keluarga itu. untuk mencapai sesuatu yang disebut keluarga ideal itu kita sebelumnya harus mengetahui apa dafinisi dari keluarga ideal itu.

Keluarga ideal dapat didefinisikan sebagai keluarga yang bila terdapat masalah tidak akan goyang. Keluarga ideal selalu menari diatas gelombang yang selalu mencoba menjatuhkan apa-apa yang ada diatasnya. Keluarga ideal selalu tersenyum entah itu masalah besar terlebih lagi masalah kecil. Seperti film yang ada di stasiun TV swasta pada tahun 1990an, keluarga Cemara. Banyak dari orang-orang yang menonton acara itu mengatakan itulah cermin dari keluarga ideal. Bukankah keluarga tersebut indah walaupun hidup sederhana. Harta kekayaan itu tidak menjamin sebuah keluarga mendapatkan tujuan mereka menjadi keluarga ideal. Keluarga Cemara seakan-akan berteriak dan berorasi didepan seluruh keluarga dunia bahwa harta kekayaan bukanlah jaminan.

Semua pasangan yang menikah di dunia ini pasti memiliki satu suara jika ditanya sebutan yang paling mereka inginkan untuk disematkan di keluarga mereka. Ya, sebutan yang paling diinginkan oleh seluruh keluarga di dunia adalah keluarga ideal. Setiap pasangan telah melakukan berbagai usaha untuk mencapai “gunung tertinggi” tersebut tetapi siapa yang bisa menjamin hasil dari usaha sebuah pasangan keluarga. Tidak sedikit yang jauh melenceng dari tujuan mereka semula. Buktinya dapat kita liat hampir setiap hari di televisi dengan tayangan kriminal. Suami yang tidak lagi sungkan untuk memukul istrinya bahkan memakai benda yang sangat tidak pantas untuk dipukulkan ke istri atau istri yang tidak lagi dapat menjaga kehormatannya dengan berselingkuh dengan orang ketiga. Mereka semua bukanlah orang yang tidak bertujuan menjadi keluarga ideal di awalnya tetapi cobaan yang mereka tempuh selama berumah tangga membuktikan belum pantasnya mereka untuk menerima keluarga ideal.

Untuk itu apakah kunci dari sebuah keluarga ideal itu? Jika merujuk pada semua masalah yang ada. Komunikasi yang baik di sebuah keluarga dapat mempermulus jalan dari keluarga tersebut untuk mencapai tujuan dari semua keluarga di dunia. Mengapa harus komunikasi? Mengapa bukan harta atau semacamnya yang merupakan syarat dari keluarga ideal? Sebenarnya jawaban telah ada tersedia di lingkungan sekitar, sehingga hanya perlu kepekaan untuk menyalin pelajaran dari lingkungan yang dilihat itu.

Banyak pasangan yang ada yang keluar jalur dari tujuan mereka mengalami kesalahpahaman dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Kebanyakan dari istri ataupun suami menginginkan setiap pasangannya masing-masing mengerti dengan situasi pribadi masing-masing. Misalnya, setelah makan sang ayah hanya diam membisu berharap akan diberikan air putih dari sang istri, tetapi karena lupa sang istri tidak memberikannya. Kedengarannya seperti masalah sepele tetepi banyak orang yang menghancurkan rumah tangganya hanya karena tidak berkomunikasi. Ingat pasangan anda bukanlah peramal yang mengerti semua apa yang ada di benak anda. Jika komunikasi bias terjalin dengan baik, rasa saling menyayangi pun akan timbul dengan sendirinya dan membesar seiring dengan berjalannya waktu. Dan masalah yang datang bukanlah lagi sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan seperti yang telah disebutkan keluarga ideal akan menari diatas setiap ombak yag datang. Keharmonisan ini akan membentuk keluarga ideal dengan sendirinya. Lambat laun keluarga ideal akan dengan sendirinya mendengar dari orang lain tentang resep anda menjaga keharmonisan anda sehingga terlihat sangat ideal.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *