Sebagian orang menggunakan deodoran atau parfum sebagai salah satu cara menghilangkan bau ketiak. Namun, cara itu ternyata tak selalu berhasil.

Penyebab bau ketiak

Bau ketiak berasal dari keringat berlebih. Berkeringat adalah fungsi tubuh yang normal dan merupakan cara tubuh menurunkan suhu tubuh sehingga tak kepanasan. Ada sekitar 2-4 juta kelenjar keringat di tubuh kita. Sebagian besar di antaranya adalah kelenjar keringat ekrin, sementara lainnya adalah kelenjar keringat aopkrin. Kita memiliki banyak kedua jenis kelenjar keringat ini di ketiak.

Ada beberapa penyebab munculnya keringat. Misalnya, ketika kita berolahraga, kelenjar keringat akan mengeluarkan keringat yang menguap dan mendinginkan tubuh. Stres dan emosi yang intens juga bisa membuat seseorang berkeringat. Kelenjar ekrin mengeluarkan cairan bening yang tidak berbau. Namun, jika mengering di kulit, itu bisa berbau. Sedangkan kelenjar apokrin mengeluarkan cairan kental yang berbau ketika bercampur dengan bakteri pada kulit. Kelenjar keringat menjadi lebih aktif baik pada pria maupun wanita selama masa pubertas. Akibatnya, biasanya remaja mulai merasakan bau ketiak padahal sebelumnya tidak.

Ketika keringat bercampur dengan bakteri, ini dapat menyebabkan bau badan yang khas. Beberapa makanan juga bisa menyebabkan bau ketiak, seperti bawang putih. Jika mengalami bau ketiak, cobalah mengetahui dulu apa yang menjadi penyebabnya. Sebab, bau ketiak juga bisa disebabkan higienitas yang buruk, tidak menggunakan produk perawatan tubuh yang tepat, atau karena adanya kondisi kesehatan yang mendasari.

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami

Cara menghilangkan bau ketiak bisa dilakukan lewat berbagai cara. Menggunakan antiperspiran dan deodoran setiap hari dan setelah mandi dapat membantu menghilangkan bau ketiak. Antiperspiran membantu mengurangi jumlah keringat yang dihasilkan dengan memblokir sementara pori-pori yang mengeluarkan keringat. Jika menggunakan antiperspiran dan deodoran belum berhasil, atau ingin mencoba alternatif alami, berikut cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang dapat dicoba:

Rajin mandi, Higienitas yang buruk dapat menyebabkan bau badan, termasuk bau ketiak. Jadi, jika Anda termasuk orang yang rentan mengalami bau badan, pastikan mandi secara rutin, terutama membersihkan area-area yang mengeluarkan bau. Menggunakan sabun antibakteri mungkin dapat membantu mengurangi masalah bau ketiak yang dialami. Setelah itu, pastikan baju yang dipakai masih dalam keadaan bersih. Menggunakan baju bekas pakai yang sudah berkeringat juga bisa menyebabkan bau ketiak bertahan.

Hindari makanan penyebab bau badan, Tak hanya membuat napas bau, sejumlah makanan juga bisa menyebabkan bau badan dan bau ketiak. Oleh karena itu, menghindari makanan-makanan tersebut bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang dapat dicoba. Beberapa makanan yang mengandung sulfur, seperti brokoli, kol, dan kubis, bisa berdampak pada bau badan. Begitu pula dengan bawang putih dan bawang merah.

Menggunakan perasan lemon Lemon tinggi asam dan memiliki sifat bakterisida. Perasan lemon dapat mengurangi pH kulit dan membuatnya tidak dapat dihuni oleh bakteri penyebab bau. Untuk membuatnya, kita hanya butuh setengah buah lemon dan mengoleskannya ke ketiak. Lalu, biarkan kering dan bilas menggunakan air. Jika punya kulit sensitif, campurkan perasan lemon dengan setengah gelas air sebelum mengaplikasikannya menggunakan kapas ke ketiak.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *